The Best “Software Gratisan” 2008

Software gratisan (freeware) tidak semuanya berkualitas “kacangan” . Pada beberapa kategori, freeware malah jadi pilihan pengguna komputer. Hal ini dikarenakan kualitasnya yang memang bagus. Semoga kedepannya bisa muncul lebih banyak lagi freeware yang tidak kalah kualitasnya dengan software-software berbayar. Sehingga jumlah penggunaan software bajakan bisa dikurangi.

Menyongsong tutup tahun 2008, Blau82.Komp akan memberikan informasi “software gratisan” apa saja yang terbaik sepanjang tahun 2008. Dalam menentukan The Best “Software Gratisan” 2008 ini, Blau82.Komp mengambil sumber dari majalah PC Media edisi 12/2008. Simak siapa saja yang menjadi The Best “Software Gratisan” berikut ini :

1. AVG Anti-Virus Free Edition 8.0 ( Kategori Anti Virus)

Muncul dengan versi terbarunya di tahun 2008 ini, AVG makin memantapkan posisinya sebagai Antivirus gratis terbaik AVG 8.0 yang merupakan versi terbaru AVG, telah menunjukkan kemampuannya dalam membasmi virus. Kemampuannya dalam melakukan scan e-mail juga menjadi kelebihan anti virus gratisan ini.

2.Mozilla Firefox 3.0 (Kategori Web Browser)

Browser berlambang rubah api ini tetap jadi pilihan terbanyak masyarakat pengguna internet. User Friendly, itu yang menjadi salah satu alasan kenapa mayoritas pengguna internet memilih Firefox. Selain itu browser ini hanya memerlukan resource RAM yang kecil, membuat browsing semakin lancer. Ditambah lagi kelebihan yang paling utama adalah built-in pop-up blocker-nya yang bekerja lebih efektif

3.Yahoo Messenger 9.0 (Kategori Instant Messenger)

Di Negara yang kita diami ini YM tetap jadi no.1, ini bisa dilihat dari semakin banyak peminat pengguna Instant Messenger keluaran Yahoo ini. Meski gosipnya di Eropa YM kalah dengan Skype, tapi di Asia, dan khususnya Indonesia pengguna YM tetap terbanyak. Terlepas dari itu semua, YM memang memiliki fitur-fitur yang menarik. Kemampuannya seperti avatar yang dapat dikustomisasi dan emoticon audible yang dapat menyampaikan emosi kepada siapa sja memang sulit ditandingi. Selain itu dilengkapi dengan fasilitas webcam dan voicenya membuat YMan tambah asyik. Fasilitas transfer file dengan briefcase sebesar 30 Mb juga mempermudah kita dalam pengiriman data secara online.

4.Download Accelerator Plus 8.7 (Kategori Download Manager)

Mungkin banyak yang berpendapat IDM (Internet Download Manager) adalah yang terbaik. Tapi IDM bukanlah software gratis, kita harus membeli jika ingin memakai IDM secara legal. Beda dengan Download Accelerator yang freeware, meski gratisan tapi kemampuannya tidak kalah dengan IDM. Selain speed downloadnya yang cepat, aplikasi ini juga mudah digunakan. Kabarnya aplikasi ini digunakan lebih dari 160 juta pengguna diseluruh dunia.

5.CCleaner 2.10 (Kategori System Tweak)

Aplikasi ini digunakan untuk mengoptimalkan kinerja sistem secara keseluruhan. Ia akan menghapus temporary file yang sudah tidak digunakan dalam sistem windows, sehingga sistem akan berjalan lebih kencang dan lebih efektif.

6.CPU-Z 1.48 (Kategori Benchmark Tools)

Freeware yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat bagus. Tidak heran jika PC Media juga menggunakan aplikasi gratis ini sebagai standart tes hardware di lab mereka. Dengan CPU-Z kita bisa mengetahui informasi tentang device yang ada di dalam PC. Salah satunya untuk mengetahui apa tipe motherboard kita. Hal ini sangatlah penting jika kita ingin mencari driver untuk motherboard kita. Aplikasi ini juga tidak perlu diinstal, cukup menjalankan file exe-nya saja.

7.IrfanView 4.2 (Kategori Image Viewer)

Sebagai software gratisan kemampuan aplikasi yang satu ini boleh dibilang T.O.P, sampai saat ini belum ada aplikasi gratis serupa yang mampu menandinginya. Aplikasi ini mampu menampilkan lebih dari 400 file graphic, selain itu bisa mengubah dalam 50 format file graphic yang didukungnya. Aplikasi ini sangat ringan tetapi mempunyai speed yang bagus. Tampilan gambar secara full screen, slideshow, atau thumbnails bisa dilakukan dengan cepat.

8.OpenOffice.org 3.0 (Kategori Office Suite)

Sebagai software gratisan, kemampuannya dalam menandingi Microsoft Office bisa dibilang lumayan. Karena OpenOffice bisa dibilang yang terbaik diantara software gratis serupa. Kemampuannya dalam menyimpan file dalam format Microsoft Office membuat penggunannya tidak perlu kuatir akan kompatibilitas file Open Office ketika dibuka di Microsoft Office. Demikian juga sebaliknya file-file Miceosoft Office juga bisa dibuka menggunakan Open Office.

9.Winamp 5.5 (Kategori Media Player)

Kalau yang satu ini seolah-olah sudah menjadi aplikasi wajib bagi setiap PC. Masih belum ada software gratisan atau bahkan mungkin software berbayar sejenis yang mampu menandinginya. Mulai dari kemunculannya yang pertama sampai sekarang sudah versi 5, Winamp selalu mengupdate kemampuan dan penampilannya. Ini yang membuat Winamp menjadi “wajib” instal dari masa ke masa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: